welcom to day

212

Rabu, 01 Juni 2016

 BEBERAPA KERAJINAN DARI BOTOL BEKAS YG SUDAH TIDAK TERPAKAI


Botol bekas merupakan barang yang saat ini menjadi masalah, karena memankan tempat yang banyak, dan sampahnya menumpuk serta susah terurai. Maka solusinya yaitu dengan mengumpulkan borol-botol bekas dan membuat inovasi yaitu dengan menciptakan kerajinan dengan botol bekas tersebut. Aneka botol yang dapat dibuat menjadi kerajinan diantaranya yaitu, botol aqua bekas, botol minuman ringan, botol obat-pbatan, botol perlengkapan dapur, tutup botol, dll. Nah mau tahu jenis kerajinan apa saja yang dapat dihasilkan dari botol bekas tersebut, tentunya dapat menjadi sesuatu yang mengagumkan, penjelasan aneka kerajinan tangan dari botol bekas akan dijelaskan dalam artikel ini.

1. Tempat perhiasan dari botol bekas

1. Tempat perhiasan dari botol bekas
Botol yang dinakan adalah botol minuman ringan yang berwarna bukan putih. Yang digunakan adalah ujung bawahnya saja. Dan dirangkai secara susun, sehingga terlihat seperti tempat unruk memamerkan perhiasan yang cantik.

2. Kebun vertikal dari botol bekas

2. Kebun vertikal dari botol bekas
Botol minuman bersoda yang digunakan membuat kebun ini, botol yang ada diubah menjadi pot yang nantinya di tempel di dinding tembok.

3. Lampu gantung dari botol plastik bekas

3. Lampu gantung dari botol plastik bekas
Lampu gantung yang indah ternyata bisa kita buat sendiri dengan kekreativan kita menggunakan botol bekas minuman, sehingga mengurangi sampah.

4. Sapu dari botol plastik bekas

4. Sapu dari botol plastik bekas
Selain kerajinan yang indah ternyata botol bekas juga bisa digunakan untuk membuat alat kebersihan, yaitu sapu dari botol bekas minuman ringan.

5. Lukisan mozaik dari tutup botol plastik

5. Lukisan mozaik dari tutup botol plastik
Tutup botol yang memiliki berbagai bentuk dan ukuran di tangan orang kretaif berhasil disulap menjadi suatu mozaik yang keren dengan hanya memberi berbagai warna pada susuan tutup botol, ternyata mampu menghasilkan mozaik yang keren.

6. Lampu hias dari botol plastik dan sendok plastik

6. Lampu hias dari botol plastik dan sendok plastik
Lampu hias dari botol plastik dan sendok plastik ternyata juga memiliki nilai artistik tinggi jika dibuat secara kretaif, bahan yang digunakan tidak terlalu sudah dicari, hanya perlu kecermatan saja untuk membuatnya.

7. Lukisan bunga dari botol plastik bekas

7. Lukisan bunga dari botol plastik bekas
Botol yang memiliki alas yang unik dapat digunakan untuk membuat lukisan yang sangat indah dan menawan.

8. Kanopi dari botol plastik

8. Kanopi dari botol plastik
Botol plastik yang jumlahnya ratusan dapat dibuat untuk membantu kamu dalam membuat kanopi rumah, maka bisa memotong biaya pembuatan, dan tentunya memiliki manfaat lain yitu mampu mengurangi sampah.

9. Pot bunga unik dari botol bekas

9. Pot bunga unik dari botol bekas
Pot bunga yang unik juga dapat dibuat dari botol bekas, bisa pula sesuai dengan keinginan pribadi, dapat dipotong dengan bentuk ynag beraneka ragam.

10. Vas bunga dari botol plastik bekas

10. Vas bunga dari botol plastik bekas
Vas bunga biasanya dari keramik, dan harganya mahal. Nah jika ingin memiliki vas canti tetapi harganya murah, hanya modal kreatif saja, kamu dapat mengubah botol menjadi vas bunga yag cantik.

11. Dompet dari botol plastik

11. Dompet dari botol plastik
Memodifikasi bagian bawa botol menjadi dompet sangat mudah, hanya perlu bahan tambahan berupa resleting, tentu sudah dapat dibuat tempat koin atau dompet.

12. Mainan roket dari botol bekas

12. Mainan roket dari botol bekas
Roket dari botol dapat dibuat untuk mainan anak-anak anda, selain memanfaatkan bahan bekas, tentu tidak perlu membeli mainan dengan harg yang mahal.

Pernah baca tulisan Rumah Botol Karya Arsitek Indonesia “Ridwan Kamil”?

Rumah Botol Ridwan Kamil
Seorang warga bandung bernama Ridwan Kamil (38) memiliki sebuah ide gagasan yang sangat brilian, Ketua Bandung Creative City Forum (BCCF), memanfaatkan botol-botol bekas untuk membangun rumah sebagai huniannya, rumah yang ramah lingkungan ini tentunya sangat nyentrik sehingga banyak orang penasaran ingin melihatnya. Rumah ini kemudian terkenal dengan nama “Rumah Botol”.
Rumah hasil karya Ridwan Kamil ini tidak cukup mendapat acungan jempol saja, rumah uniknya mendapat gelar juara dalam Green Design Award 2009, yang diselenggarakan oleh BCI Asia (Building Construction Information Asia). Rumah tinggalnya yang memanfaatkan botol bekas minuman berenergi itu ternyata berhasil menyisihkan karya delapan puluh peserta lain dari delapan negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Filipina, Hongkong, dan Cina. Sungguh benar-benar prestasi anak bangsa yang sangat membanggakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar